PENERAPAN PROTOKOL KESEHATAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA SEKOLAH DASAR DI SDN BULUREJO 2 KECAMATAN RENGEL KABUPATEN TUBAN DALAM MENGHADAPI ERA NEW NORMAL
APPLICATION OF HEALTH PROTOCOL FACE-TO-FACE LEARNING ELEMENTARY SCHOOL IN SDN BULUREJO 2 DISTRICT RENGEL, TUBAN REGENCY IN FACING NEW NORMAL ERA
Keywords:
Health Protocol, Face-to-face Learning, Elementary SchoolAbstract
Masalah yang terjadi pada penerapan pembelajaran tatap muka saat era new normal banyak dijumpai siswa yang tidak memakai masker, pada lingkungan sekolah terlihat dalam pengaturan bangku kelas yang masih kurang menjaga jarak. Tujuan penelitian untuk memaparkan situasi penerapan protokol kesehatan pembelajaran tatap muka sekolah dasar di SDN Bulurejo 2 Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban.
Desain penelitian deskriptif, pendekatan survey. Populasinya seluruh siswa di SDN Bulurejo 2 Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban tahun 2022 sebanyak 138 siswa, sampel 98 responden diperoleh dengan tehnik Purposive Sampling. Variabel penelitian ini yaitu penerapan protokol kesehatan pembelajaran tatap muka. Instrument menggunakan kuesioner dan observasi. Pengolahan data dengan editing, coding, tabulating dan analisa data menggunakan analisa deskriptif yaitu bentuk distribusi frekuensi dan prosentase.
Hasil penelitian diperoleh terdapat lebih dari sebagian siswa sekolah dasar dengan penerapan protokol kesehatan pembelajaran tatap muka pada kategori kurang yaitu sebanyak 64 responden (65,3%) dan hasil penilaian penerapan protokol kesehatan pembelajaran tatap muka pada lingkungan satuan pendidikan pada kategori penerapan prokes kurang yaitu dengan nilai 50%.
Penerapan protokol kesehatan pembelajaran tatap muka perlu diperhatikan mengenai kedisiplinan penerapan protokol kesehatan dengan ketat, sebagai tenaga pendidik perlu memberikan contoh yang baik dalam pelaksanaan pembelajaran tatap muka. Sarana prasarana perlu diperhatikan untuk menunjang pelaksaan pembelajaran tatap muka.









